https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA SMA | Putriana | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA SMA

Yenni Putriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa dengan gaya kognitif Field Independence (FI) dan Field Dependence (FD). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi dan teknik pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa FD menempati level 2 yaitu pada kategori cukup baik yang ditandai dengan subjek kurang mampu mengekspresikan ide-ide matematis dalam bentuk grafik, kurang mampu mengidentifikasi ide-ide awal matematis secara tulisan dengan bahasa sendiri,  mampu menginterpretasikan dan menguraikan ide-ide matematis secara tertulis, serta kurang mampu menggunakan simbol dan notasi matematis; (2) kemampuan komunikasi  matematis tertulis siswa FD menempati level 3 yaitu pada kategori baik karena mampu  mengekspresikan ide-ide matematis dalam bentuk grafik, mampu mengidentifikasi ide-ide awal matematis secara tulisan dengan bahasa sendiri, mampu menginterpretasikan dan menguraikan ide-ide matematis secara benar dalam bentuk tulisan, serta mampu dalam menggunakan simbol dan notasi matematis.

 

Kata kunci: komunikasi matematis tertulis,  gaya kognitif

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i2.4110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.